Pages

Monday, May 31, 2010

Kasus Di Jejaring Sosial



Facebook? Twitter? Itu semua adalah situs yang sering atau sudah 'wajib' dikunjungi oleh remaja sekarang saat mengakses internet. Situs yang mulai rawan disalahgunakan. Ketika mempunyai account adalah 'kewajiban' bagi yang ingin menebarkan jaring di dunia maya, kadang banyak yang salah tujuan atau belum bisa menggunakannya dengan baik tanpa mengganggu orang lain yang melihatnya.

Banyak kasus yang terjadi di sekitar kita tentang hal
ini. Contohnya;

1. Tidak sedikit account palsu yang dibuat untuk menjatuhkan orang lain
contoh cerita : Ada pihak yang sengaja membuat account palsu yang ditujukan untuk menjelek-jelekan atau menghina orang lain (yang dia tidak suka) dengan facebook / twitter. Mereka dengan mudah membuatnya dan mengabarkan kabar yang tidak sedap tentang si orang itu.

2. Kadang ada orang yang minder dengan dirinya, sampai akhirnya mereka saking ingin eksis di dunia maya, meng-copy foto dari orang lain y
ang menurut dia lebih baik. Itu sangat merugikan orang yang
fotonya dicuri tersebut. Karena, di internet, foto bisa di copy dengan mudah. Bahkan, ada yang membuat account yang berbau sex / porno tetapi dengan foto orang yang di ambil dari account orang lain.

3. Ini yang lagi heboh, kasus yang terjadi saat ini adalah salah tulis! Tidak hanya anak ABG labil, tetapi artis, bahkan motivator pun bisa salah bicara di Twitter.



Kasus Marsha:
Seorang anak SMA BM 400 menjadi Trending Topic. Bukan kerana dia dapat penghargaan, tetapi karena dia terlalu membanggakan sekolahnya sampai membandingkan sekolah negeri & swasta. Dan ratusan account pun beradu argumen saat itu.



Kasus Luna Maya:
Sebagai Artis, sudah sewajarnya menjadi konsumsi publik. Apapun beritanya, infotaiment langsung menyantap. Menulis dgn tulisan sumpah serapah, marah dan hinaan itu membuat namanya sempat disebut sebagai artis y
ang tidak tau diri. Karena infotaiment dia naik daun, dan sekarang dia menghinanya. Entah harus bela yang mana? Karena setiap orang pasti mempunyai privacy.


Kasus Mario Teguh:
Motivator di sebuah acara TV itu terpaksa menutup account twitternya karena tulisannya yang membuat pro & kontra para followersnya. "Wanita yang pas untuk teman pesta, clubbing, begadang, mabuk, perokok, - tidak mungkin direncanakan menjadi istri." Akibat pernyataannya, Mario Teguh di kritik oleh followersnya. Mario Teguh segera menutup account twitternya dan langsung mengklarifikasikan di facebooknya.


Maka, dari kejadian semua itu, kita bisa lebih sadar dan paham apa fungsi dari jejaring sosial. Jangan menjadi kasus yang baru selanjutnya. Use your social networking wisely! :)

Thank you,
Dyah Prameswari

0 comments:

Post a Comment